Site icon Artikel-Keren.com

Cara Budidaya Ikan Nila Gesit di Kolam Beton

Cara Budidaya Ikan Nila Gesit di Kolam Beton

Budidaya ikan adalah salah satu jenis usaha menjanjikan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih ada beberapa jenis ikan yang jika dibudidayakan bisa meraup keuntungan besar. Salah satunya adalah nila gesit. Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara budidaya ikan nila gesit?

Sesuai namanya, nila gesit adalah ikan yang memiliki gerakan lincah dan gesit. Ia juga kuat dan tahan terhadap pengaruh buruk lingkungan seperti penyakit. Inilah mengapa bisnis budidaya ikan nila menjadi naik daun di Indonesia. Apakah anda juga tertarik membudidayakannya ? Coba ikuti panduan berikut ini tentang cara budidaya ikan nila gesit.

Pemilihan Bibit Ikan Nila Gesit

Tahap pertama yang harus dilakukan oleh pembudidaya yaitu memilih bibit ikan nila berkualitas unggul. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh bibit ikan nila yang kualitasnya bagus. Pertama, anda bisa membeli langsung di perikanan, atau yang kedua mendapatkan langsung dari indukan nila. Berikut ini kami paparkan cara pemilihan bibit ikan nila yang bagus :

Nah, dari ciri-ciri yang disebutkan diatas anda bisa memilih bibit ikan nila yang berkualitas unggul. Oh ya, jika ingin lebih praktis mendapatkan bibit ikan nila gesit terbaik, anda bisa membeli langsung di perikanan namun harus dengan tetap memperhatikan ciri-ciri bibit ikan nila yang bagus ya!

Persiapan Kolam

Cara budidaya ikan nila gesit berikutnya yaitu melakukan persiapan kolam. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui dalam tahapan ini diantaranya yaitu syarat lokasi kolam dan proses persiapan kolam.

Adapun syarat lokasi kolam ikan nila gesit diantaranya adalah : suhu kolam sebaiknya berada di kisaran 27-30 derajat celcius, pertumbuhan ikan nila akan baik jika berada di dataran rendah dengan ketinggian 500 mdpl dan khusus kolam indukan dibuat dengan kedalaman yang lebih dan ketinggian mencapai 100-140 cm

Nah, setelah mengetahui syarat lokasi kolam ikan nila gesit, maka langkah berikutnya adalah memilih jenis kolam yang sesuai. Disini kami menggunakan kolam beton sebagai wadah budidaya. Berikut langkah-langkah persiapan kolam budidaya :

Proses dan Cara Budidaya Nila Gesit

Penyebaran bibit ikan adalah tahap ketiga dalam cara budidaya ikan nila gesit. Jika anda sudah mendapatkan bibit ikan nila terbak, maka langkah selanjutnya adalah menyebarkan bibit ikan nila gesit tersebut ke dalam wadah.

Perlu dicatat bahwa penyebaran bibit ini adalah tahapan penting dalam proses budiaya nila gesit. Walaupun jenis nila satu ini termasuk ikan dengan daya tahan tubuh yang kuat, bukan berarti anda bisa melakukan proses penyebaran bibit secara sembarangan. Oleh karena itu, coba ikut langkah-langkah penyebaran benih yang tepat berikut ini :

Pastikan semuanya berjalan dengan baik. Pilih jenis bibit terbaik, kebanyakan petani salah pilih bibit hingga alai kerugian besar.

Perawatan Ikan Nila Gesit

Sebenarnya, kunci sukses dari cara budidaya ikan nila gesit adalah ketekunan dan kesabaran sang pembudidaya selama masa pemeliharaan ikan. Mulai dari perawatan air, pemberian pakan serta penanganan terhadap hama dan penyakit. Coba simak uraiannya berikut ini :

Proses Pemanenan

Panen adalah akhir dari proses akhir dari cara budidaya ikan nila gesit. Umur ikan pada waktu dipanen tergantung keinginan pembudidaya dengan memperhatikan permintaan pasar. Berikut ini tahapan pemanenan ikan nila gesit :

Demikianlah cara budidaya ikan nila gesit di kolam beton yang bisa dipraktekkan di rumah. Jadi, bagaimana ? Apakah sekarang anda sudah mulai mempersiapkan untuk melakukan budidaya ikan nila gesit ? Semoga artikel tentang panduan cara budidaya kali ini dapat menginspirasi ya. Semoga bermanfaat !

Exit mobile version