Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal yang Baik dan Benar
Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal yang Baik dan Benar

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal yang Baik dan Benar

Diposting pada

Cara budidaya ikan nila ada banyak macamnya, jika Anda tahu betul cara tersebut, Anda dapat membudidayakannya secara maksimal. Apalagi ini salah satu usaha yang menguntungkan dan paling diminati banyak orang. Daripada bingung dan tidak melangkah kemana-mana akibat pandemi ini, tentu saja menjadi pembudidaya ikan nila bisa sangat menguntungkan. Di dalam artikel ini telah dilengkapi cara-caranya.

Pemilihan Lokasi  Budidaya Ikan Nila

Usaha maksimal untuk memulai kegiatan budidaya ikan nila pertama kali adalah dengan cara mencari lokasi yang cocok untuk ikan nila tersebut. Anda juga harus siapkan berbagai media seperti akuarium, kolam tanah, kolam semen dan kolam terpal.

Cara budidaya ikan nila yang harus diperhatikan meliputi memastikan lokasi tidak dipenuhi rumput liar, mengusahakan lokasi dengan sinar yang baik dan Anda bisa mengawasi lokasi tersebut.

Pembuatan Media Ikan Nila

Tahap selanjutnya ketika Anda sudah mendapatkan pilihan lokasinya, Anda harus mempersiapkan medianya. Salah satu medianya adalah kolam terpal. Berikut ini cara pembuatan media kolam terpalnya:

  • Gali tanah kurang lebih tujuh puluh sentimeter
  • Lalu, gunakan batu bata untuk mengecek tinggi sekaligus isi air untuk budidaya ikan nila.
  • Buatlah tanggul yang kuat dan tidak mudah rusak untuk pembuatan media ikan nila.
  • Setelah itu  taburkan sekam di dasar kolam sampai rata.
  • Lakukan pemasangan alat pemberat untuk menahan terpal agar tidak mudah bergeser.
  • Terakhir, pembuatan sanitasi air memudahkan pembersihan dalam kolam terpal tersebut.

Pemilihan Bibit Ikan Nila yang Bagus

Tahap ketiga, cara budidaya ikan nila yang harus Anda perhatikan yaitu mengenai penggunaan bibit ikan nila yang terbagi dua cara yaitu langsung indukan ikan nila dan mencari bibit yang berkualitas. Untuk mengetahuinya, kita juga mendapatkan ciri-ciri bibit ikan nila dari segi kualitasnya yang baik meliputi:

  • Bibit ikan nila memiliki keadaan fisik yang lincah dan tidak ada kecacatan sama sekali.
  • Memastikan warna bibit ikan nila tetap sama, berat badan tidak berkurang dari tiga puluh gram dan ukuran 12 cm.

Penyebaran Bibit Ikan Nila

Salah satu tahap paling penting selama budidaya ikan nila, selektif dalam penyebaran bibit yaitu harus memilih bibit yang memiliki fisik kuat serta proses penyebaran bibit tidak boleh sembarangan. Cara penyebaran bibit yang benar dan baik untuk pemula seperti di bawah ini:

  • Mempersiapkan wadah lalu memasukkan air sampai setengah wadah tersebut.
  • Lalu, masukkan bibit ikan nila ke dalam wadah dan menunggu kurang lebih sepuluh menit.
  • Selanjutnya, penuhi ember dengan air kolam, tunggu selama lima menit dan proses ini dilakukan untuk bibit ikan nila tidak mengalami stres.
  • Terakhir, sebarkan bibit ikan nila dari wadah ke kolam terpal secara perlahan-lahan.

Dari cara di atas, Anda bisa melakukan penyebaran bibit ikan nila secara  merata setiap kolam terpal yang Anda buat. Tindakan ini untuk menghindari kesalahan selama budidaya ikan nila yang Anda hasilkan nantinya.

Perawatan dan Tahap Panen

Untuk tahap akhir, lakukan perawatan ikan nila sampai masa panennya. Sering-sering lah memberi pakan ikan yang berkualitas tiga kali sehari dan tetap menjaga kebersihan dalam kolam terpal tersebut. kemudian, member pakan siput sawah dan sayuran yang dipotong menjadi kecil juga baik.

Demikian artikel mengenai cara budidaya ikan nila dari metode memilih lokasi, pembuatan media, membuat bibit dan menyebarkan bibit ikan nila hingga hasil panen ikan nila menjadi lebih maksimal. semoga artikel ini memberikan kemanfaatan untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *