Cara Menanam Wortel dengan Tepat Agar Panen Sukses [Mudah]
Cara Menanam Wortel dengan Tepat Agar Panen Sukses [Mudah]

5 Cara Menanam Wortel yang Baik & Agar Panen Sukses

Diposting pada

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang banyak sekali dicari orang untuk mencukupi kebutuhan sayur harian mereka. Bertani wortel tentu merupakan salah satu pilihan yang tepat. harga jual yang tinggi serta proses dan cara tanam yang mudah jadi salah satu alasannya. Walau demikian, tidak semua orang tahu bagaimana cara menanam wortel dengan tepat.

Berikut ini adalah uraian proses menanam atau bertani wortel dengan tepat agar hasilnya bagus, cepat tumbuh dan lebat.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menanam Wortel

Sebelum mulai bertani wortel, lakukan persiapan dan pengecekan beberapa hal berikut ini:

Perhatikan Tanah

Media tanah akan digunakan sebagai tempat tumbuh wortel, pastikan tempatnya bagus dan cocok. Tanah yang bagus untuk digunakan bertani wortel adalah tanah yang memiliki PH 5,5-6,5.

Perhatikan Suhu

Selain tanah, suhu juga penting diperhatikan  ketika anda akan bertani wortel. Karena wortel tidak akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang kurang cocok. Suhu udara  yang bagus untuk tani wortel adalah 15,6-21,1 derajat celsius.

Cek Curah Hujan

Jangan lupa, salah satu cara terbaik yang harus diperhatikan juga ketika bertani wortel adalah tingkat curah hujan. Iklim yang bagus untuk bertani wortel adalah iklim basah (1,5-3 bulan kering per tahun) dan iklim agak basah (3-4,5 bulan kering per tahun).

Cek Tingkat Kelembaban Udara

Ketika bertani wortel pilihlah tempat dengan tingkat kelembaban udara 80-90%, ini adalah tingkat kelembaban udara yang paling bagus.

Cek Kelembaban Cahaya Matahari

Intensitas cahaya sangat dibutuhkan wortel untuk fotosintesis untuk membentuk umbi wortel. Pilih tempat yang terkena sinar matahari langsung selama 9-10 jam per hari.

Cara Menanam Wortel Dengan Tepat

Setelah memahami beberapa hal diatas, maka sekarang anda tinggal mulai proses menanam wortel. Cara bertani wortel ini sebenarnya sangat mudah sekali, berikut ini adalah tahapan dan langkah-langkahnya:

Persiapan Benih

Benih wortel harus diperhatikan dengan baik, karena benih yang bagus akan menentukan hasil pertanian anda nantinya. Benih wortel yang bagus adalah benih wortel yang tahan di semua kondisi cuaca, cocok dengan lingkungan anda bertani, memiliki umbi wortel yang cerah, berasal dari tanaman wortel yang lebih dari 2 bulan.

Siapkan Lahan Tanam

Setelah anda memiliki benih, jangan lupa siapkan lahan yang akan anda gunakan untuk menanam benih wortel. Lahan yang dipersiapkan harus dibajak dulu dengan ketinggian 40 cm agar wortel tumbuh maksimal. Setelah di bajak,  jangan lupa untuk kasih pupuk kompos terlebih dahulu.

Proses Tanam Wortel

Menanam wortel ini sangat mudah, anda hanya perlu ambil bibir wortel yang sudah dipersiapkan sebelumnya, lalu tutup dengan bokashi atua pupuk kompos setinggi 0,5-1 cm saja. Perhatikan kelembaban tanah jangan sampai kering.

Pemeliharaan dan Pemupukan

Agar hasil tanam wortel ini melimpah, maka pastikan anda melakukan pemeliharaannya dengan baik dan tepat. Proses perawatan wortel ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu mulai dari penyiangan, pengairan dan pemupukan. Lakukan secara rutin dan berkala.

Panen Wortel

Setelah wortel mencapai usia 3 bulan, maka proses panen bisa anda lakukan. Proses panen ini terhitung 3 bulan sejak wortel di tanam dan dirawat dengan pupuk sejak awal penanamannya. Adapun proses panen wortel ini dilakukan dengan cara dicabut satu persatu. Nah itulah beberapa langkah proses cara menanam wortel yang tepat dan benar. Proses ini nampak mudah, namun saat di lapangan anda mungkin akan menemukan beberapa kendala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *